Gadget

This content isn't available over encrypted connections yet.

Tuesday, 20 March 2012

TEKNIK PENULISAN PTK BAB V



Sampailah kita pada teknik penulisan PTK Bab V atau Bab Penutup.Untuk bab V kerangka penulisannya  adalah sebagai berikut :
A.    Simpulan
B.      Implikasi atau Rekomendasi
C.      Saran
Selanjutnya untuk tiap sub bab dapat diuraikan dengan contoh berikut.
A.      Simpulan
Simpulan di sini berlaku secara  umum. Pada simpulan  peneliti menyimpulkan kesesuaian landasan teoritik yang diambil dengan hasil penelitian yang telah dilakukan. Misalnya :
Dapat disimpulkan baik secara teoritik maupun empirik bahwa pemanfaatan alat peraga (X) dapat meningkatkan kretifitas belajar dan hasil belajar matematika. dst.

B.      Implikasi
Implikasi berisi  saran bagi penulis sendiri, berdasarkan simpulan yang telah dibuat.
Jika dituliskan Rekomendasi, tuliskan rekomendasi terkait dengan hasil PTK.
Ada beberapa peneliti yang tidak mencantumkan Implikasi maupun Rekomendasi. 

C.      Saran
Saran yang akan diberikan hendaknya sesuai dengan siapa saja yang memperoleh manfaat dari  penelitian seperti yang telah dikemukanan pada bab sebelumnya. Adapun saran biasanya diberikan kepada :
1.    Siswa
2.    Teman sejawat
3.    Sekolah
4.    Perpustakaan

CONTOH

BAB V
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Berangkat dari hasil penelitian dengan melihat hasil observasi dan evaluasi  dapat disimpulkan , dengan  menggunakan  pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kretaifitas belajar matematika   dan prestasi belajar siswa dalam kegiatan belajar matematika,pada siswa kelas  VIIIA  SMP Negeri 2 Baturraden Tahun Pelajaran 2011/2012.  Selanjutnya penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan berhasil.
Adapun yang mendasari penelitian dikatakan behasil adalah sebagai berikut :
1.        Pada Indikator  kinerja berhasilan penelitian diharapakan terdapat sekurang-kurangnya 75 % siswa menunjukkan partisiapsi aktif dalam kegiatan pembelajaran matematika sedangkan pada akhir peneltian terdapat 85 % siswa yang akif dalam kegiatan pembelajaran.
2.       Pada indikator kinerja diharapakan terdapat  sekurang-kurangnya 75 % siswa mendapat nilai ulangan diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan sedang pada akhir penelitian ketuntasan siswa menacapai 76,47 %
Dengan demikian terbukti secara teoritik maupun empirik pemanfaatan pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas VIIIA SMP N 2 Baturraden Tahun Pelajran 2011/2012. Hal dimungkinkan siswa didekatkan dengan kondisi nyata keseharian dengan materi pelajaran. Sehingga siswa lebih tertarik dan memahami manfaat pembelajaran yang diakukannya.

B.    Rekomendasi
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan , maka penulis merekomendasikan hal-hal sebagai berikut :
1.       Penggunaan pembelajaran kontekstual terhadap materi-materi pelajaran yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.
2.       Pembelajaran kontekstual  di samping digunakan pada pelajaran-pelajaran matematika  juga dapat digunakan pada pelajaran lainnya.
3.       Untuk meningkatkan partispasi belajar siswa penggunaan pemblajaran kontekstual  dapat sebagi metode alternatif.
C.    Saran
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai berikut :
  1. Bagi peserta didik
a.       Hendaknya meningkatkan  kesadaran untuk selalu brepartispasi  aktif dalam setiap kegiatan belajar mengajar,
b.       Berusaha menyenangi pembelajaran  matematika karena mengetahui pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari begitu banyak  ,
c.       Hendaknya berusaha menggunakan materi yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
  1. Bagi guru
                   Guru hendaknya selalu berusaha menggunakan metode atau Strategi pembelajaran yang mendekatkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa memamahami kegunaan pelajaran yang ia pelajari.
  1. Bagi sekolah
 Sekolah hendaknya selalu mendorong para guru yang berusaha mengguanakan strategi pembelajaran yang bersifat inovatif dan kreatif dengan memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
4.      4  Bagi Perpustakaan
Dari laporan yang telah dibuat hendaknya dapat menjadi koleksi referensi bagi perpustakaan. Dengan referensi  laporan penelitian ini tentunya akan  bermanfaat bagi pengunjung perpustakaan yang akan melakuakan PTK. 
Nah pengunjung silakan melanjutkan untuk ber-PTK. Tentu saja uraian teknik penulisan bab V ini  dapat menjadi referensi bagi pengunjung. 
( Dirangkum dari hasil pelatihan penulisan PTK dengan narasumber Dr. Mulyadi HP. Widyaiswara Utama LPMP Jawa Tengah. Rabu 1 Februari  2012 ) 




No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar di sini. Apabila komentar membutuhkan suatu jawaban, maka saya akan segera menjawabnya. Terima kasih.