Sampailah kita pada teknik penulisan PTK Bab V atau Bab Penutup.Untuk bab V kerangka penulisannya adalah sebagai berikut :
A. Simpulan
B.
Implikasi atau Rekomendasi
C.
Saran
Selanjutnya untuk tiap sub bab
dapat diuraikan dengan contoh berikut.
A.
Simpulan
Simpulan di sini
berlaku secara umum. Pada simpulan peneliti menyimpulkan kesesuaian landasan
teoritik yang diambil dengan hasil penelitian yang telah dilakukan. Misalnya :
Dapat
disimpulkan baik secara teoritik maupun empirik bahwa pemanfaatan alat peraga
(X) dapat meningkatkan kretifitas belajar dan hasil belajar matematika. dst.
B.
Implikasi
Implikasi berisi saran bagi penulis sendiri, berdasarkan
simpulan yang telah dibuat.
Jika dituliskan Rekomendasi, tuliskan rekomendasi terkait dengan hasil PTK.
Ada beberapa peneliti yang tidak mencantumkan Implikasi maupun Rekomendasi.
C.
Saran
Saran yang akan
diberikan hendaknya sesuai dengan siapa saja yang memperoleh manfaat dari penelitian seperti yang telah dikemukanan pada
bab sebelumnya. Adapun saran biasanya diberikan kepada :
1.
Siswa
2.
Teman sejawat
3.
Sekolah
4.
Perpustakaan
CONTOH
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berangkat dari hasil penelitian dengan melihat hasil observasi dan
evaluasi dapat disimpulkan , dengan
menggunakan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kretaifitas belajar
matematika dan prestasi belajar siswa dalam kegiatan
belajar matematika,pada siswa kelas VIIIA
SMP Negeri 2 Baturraden Tahun Pelajaran
2011/2012. Selanjutnya penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan
berhasil.
Adapun yang mendasari penelitian dikatakan behasil adalah sebagai berikut
:
1.
Pada
Indikator kinerja berhasilan penelitian
diharapakan terdapat sekurang-kurangnya 75 % siswa menunjukkan partisiapsi
aktif dalam kegiatan pembelajaran matematika sedangkan pada akhir peneltian
terdapat 85 % siswa yang akif dalam kegiatan pembelajaran.
2.
Pada indikator kinerja diharapakan terdapat sekurang-kurangnya 75 % siswa mendapat nilai
ulangan diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan sedang
pada akhir penelitian ketuntasan siswa menacapai 76,47 %
Dengan demikian terbukti secara teoritik
maupun empirik pemanfaatan pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan
partisipasi aktif dan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas VIIIA SMP N 2 Baturraden
Tahun Pelajran 2011/2012. Hal dimungkinkan siswa didekatkan dengan kondisi
nyata keseharian dengan materi pelajaran. Sehingga siswa lebih
tertarik dan memahami manfaat pembelajaran yang diakukannya.
B. Rekomendasi
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan , maka penulis
merekomendasikan hal-hal sebagai berikut :
1.
Penggunaan pembelajaran kontekstual terhadap
materi-materi pelajaran yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.
2.
Pembelajaran kontekstual di samping digunakan pada pelajaran-pelajaran
matematika juga dapat digunakan pada
pelajaran lainnya.
3.
Untuk meningkatkan partispasi belajar siswa
penggunaan pemblajaran kontekstual dapat
sebagi metode alternatif.
C. Saran
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai berikut :
- Bagi peserta didik
a.
Hendaknya meningkatkan kesadaran
untuk selalu brepartispasi aktif dalam
setiap kegiatan belajar mengajar,
b.
Berusaha menyenangi pembelajaran matematika karena mengetahui
pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari begitu banyak ,
c.
Hendaknya berusaha menggunakan materi yang telah
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
- Bagi guru
Guru hendaknya selalu berusaha menggunakan metode
atau Strategi pembelajaran yang mendekatkan
pelajaran dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa memamahami kegunaan
pelajaran yang ia pelajari.
- Bagi sekolah
Sekolah hendaknya selalu mendorong para
guru yang berusaha mengguanakan strategi pembelajaran yang bersifat inovatif
dan kreatif dengan memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
4. 4 Bagi Perpustakaan
Dari
laporan yang telah dibuat hendaknya dapat menjadi koleksi referensi bagi
perpustakaan. Dengan referensi laporan
penelitian ini tentunya akan bermanfaat bagi pengunjung perpustakaan yang akan melakuakan PTK.
Nah pengunjung silakan melanjutkan untuk ber-PTK. Tentu saja uraian teknik penulisan bab V ini dapat menjadi referensi bagi pengunjung.
( Dirangkum dari hasil pelatihan penulisan PTK dengan
narasumber Dr. Mulyadi HP. Widyaiswara Utama LPMP Jawa Tengah. Rabu 1 Februari 2012
)
No comments:
Post a Comment
Tinggalkan komentar di sini. Apabila komentar membutuhkan suatu jawaban, maka saya akan segera menjawabnya. Terima kasih.