Gadget

This content isn't available over encrypted connections yet.

Saturday, 9 April 2011

TEKNIK PENULISAN BAB I PTK

Bab  I pada penulisan proposal maupun laporan PTK memuat pendahuluan sebagai judul bab dengan sub bab judul latar belakang ,masalah,identifikasi masalah, pembatasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian dan manafaat penelitian. Dalam tulisan ini akan dipaparkan teknik penulisan bab I beserta sub babnya. Tentu saja teknik penulisan di sini garis besar isi tiap-tiap alinea yang tentunya dapat dikembangkan sendiri oleh pengunjung blog ini.
Pada tulisan ini penulis menggunakan simbol X untuk variabel tindakan oleh guru sedang Y untuk variabel masalah  siswa. Untuk pengertian variabel tindakan maupun variabel masalah silakan pengunjung blog untuk membuka tulisan yang berjudul 
A. Latar Belakang
Penulisan latar  belakang menggunakan model alinea. Pengetikan awal menjorok ke dalam tujuh ketukan maksimal sebelas ketuka. Tidak dipereknankan ganti baris sebelum ganti alinea. Adapaun isi tulisan untuk tiap-tipa lainea adalah sebagai berikut :
Alinea I :
Menulis kondisi awal siswa seblum diperlakukan tindakan, misalnya  Y1  dan Y2 rendah. Untuk menunjukkan renadah Y1 maupun Y2 harus didukung oelh data. Data dapat dambil dari hasil ulangan harian, ulanagn tengah semster, dan ulanag tengah semester.
Alinea II
Menulis kondisi awal peneliti. Kondisi yang dimaksud adalah kondisi pembelajaran ketika peneliti belum mengguanakan tindakn X.
Alinea III
Pada alinea III peneliti menulis kondisi akhir siswa yang merupakan harapan  peneliti agar Y1 dan Y2 meningkat. Dituliskan juga alasan mengapa peneliti mengharapakan peningkatan Y1 dan Y2.
Contoh :
          Dengan penelitian ini peneliti berharap terjadi penngkatan keaktifan dan hasil belajar. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswakelas IX diharapakan dapat meningkatnya kelulusan siswa kelas IX. ......
Alinea IV
Menulis kondisi akhir harapan  peneliti setelah menggunakan X. Di sini peneliti menuliskan alasan pemanfaatan X.
Alinea V
Pada alinea ini peneliti menulisakan masalah yang di hadapi. Adapun masalah yang dimaksud adalah adanya kesenjangan antara harapan peneliti dan kenyataan yang di hadapi di kelas. Maslah di sini dibagi menjadi dua, yaitu :
Masalah yang berkaiatan dengan masalah siswa dimana Y1 dan Y2 rendah dimana harapan peneliti Y1 dan Y2 meningkat.
Masalah yang berkaitan dengan penliti diman kenyataan belum menggunakan X, harapannya sudah memanfaatkan X
Alinea VI
Alinea ini memuat solusi dari permasalahan yang dinugkap pada alinea sebelumnya. Pada alinea ditulis perlunya tindakan yang dilakukan oleh peneliti. Tindakan yang dilakukan berpa pemanfaatan X.
Pemanfaatan X tersebut diuraiak sesuai dengan siklus yang dilakukan. Tindakan X digunakan untuk meningkatkan Y1 dan Y2.
B. Rumusan Masalah 
Penulisan rumusan masalah umunya berbentuk kalimat tanya. Kalimat tanya di sini belum terinci dan tidak harus dijawab. Kalimta tanya yang dibuat hendaknya mengacu kepada Y. Adapun contoh untuk kalimat tanya yang merupakan rumusan masalah dintaranya :
C.Pembatasan Masalah
    Pembatasan masalah dalam penulisan proposal maupun laporan PTK sangat penting. Hal ni dilakuak agar tindakan yang dilakukan tidak melebar ke permasalahn yang sebenarnya dihadapi. Disamping tindakan yang dilakukan juga perlu dibatasi sesuai dengan masalah yang akan di atasi.
                Pada alinea I ditulis masalah atau variabel apa saja yang akan diteliti. Alinea II menulis penyelesaian dari Y1 . Selanjutnya alinea II  memuat penyelesaian Y2. Untuk alinea IV  menulis pemanfaatn X.
D.Rumusan Masalah
    Rumusan masalah umumnya berupa kalimat tanya. Kalimta tanya dibuat secara terinci dan harus di jawab pad bab berikutnya yaitu Bab II sampai dengan bab V. Kalimat tanya hendaknya mengacu pada X dan Y. Adapun kalimat tanya dalam rumusan masalah di sini contohnya adala sebagai berikut :
Apakah melalui x dapat meningkatkan Y1 bagi siswa kelas ...SMP ... pada semester ... tahun pelajaran ... .
 Apakah melalui x dapat meningkatkan Y2 bagi siswa kelas ...SMP ... pada semester ... tahun pelajaran ... .
Apakah melalui x dapat meningkatkan Y1 dan Y2 bagi siswa kelas ...SMP ... pada semester ... tahun pelajaran ... .
E. Tujuan Penelitian
     Tujuan penelitian dibagi menjadi dua, yaitu tujuan umum dan tujuan khsusus. Adapun untuk tiap-tiap tujuan dapat memuat hal sebagai berikut :
     1. Tujuan Umum
          a. Untuk meningkatkan Y1 secara umum
          b.  Untuk meningkatkan Y2 srcara umum
          c. Untuk meningkatkan Y1 dan Y2 secara umum
      2. Tujuan Khusus 
Melalui X untuk meningkatkan Y1 bagi siswa kelas ... .
Melalui X untuk meningkatkan Y2 bagi siswa kelas ... .
Melalui X untuk meningkatkan Y1 dan Y2 bagi Y1 dan Y2 bagi siswa kelas ... .
F. Manfaat Penulisan
    Dalam penulisan manfaat penelitian ditulisakan manfaat penelitian bagi siswa, bagi peneliti, bagi guru sejawat, bagi sekolah dan bagi perpustakaan.
    1. Untuk manfaat bagi siswa dapat dituliskan :
        a. Dapat meningkatkan Y1
        b. Dapat meningkatkan Y2
        c. Dapat meningkatkan Y1 dan Y2
   2. Manfaat bagi peneliti dapat berisi :
        a. Melalui pamanfaatan X dapat meningkatnya Y1 bagi kelas  ... .
        b. Melalui penggunaan X dapat meningkatnya Y 2 bagi kelas .... 
        c. Melalui penggunaan X dapat meningkatnya Y1 dan Y2 
  3. Manfaat bagi teman sejawat
  4. Manfaat bagi sekolah
  5. Manfaat bagi perpustakaan 
     Untuk manfaat no 3 dan 5 tidak harus menyangkut X dan Y.
  Demikian sedikit sharing dari saya berkaitan dengan penulisan proposal maupun laporan  PTK semoga bermanfaat bagi rekan guru yang akan melakukan PTK.Masukan adri para guru yang lebih berpengalaman melakukan PTK sangat penulis harapkan. Selamat ber-PTK semoga sukses.Amin.

( Disarikan dari hasil Diklat penulisan PTK yang di selenggarakan oleh MGMP Matematika SMP Kabupaten Banyumas dengan narasumber Bapak Dr.Mulyadi HP, widyaiswara utama dari LPMP Jawa Tengah ) 





2 comments:

  1. wah bermanfaart sekali pak, mohon izin saya kopi untuk saya arsipkan, siap thu suatu saat saya memerlukan untuk membuat PTK.
    salam dari kalimantan tengah

    ReplyDelete
  2. Trims atensinya Pak bud, semoga juga bermanfaat bagi teman-teman anda. Tunggu untuk Teknik penulisan Bab II.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar di sini. Apabila komentar membutuhkan suatu jawaban, maka saya akan segera menjawabnya. Terima kasih.