Gadget

This content isn't available over encrypted connections yet.

Thursday, 11 October 2012

MATERI SOAL UKG MATEMATIKA SMP



Sumber gambar m.detik.com
Lega, itu ungkapan yang paling tepat setelah mengikuti UKG tahap II. UKG yang sempat menjadi trending  topic di dunia maya karena cukup kontroverisal itu akhirnya dapat saya ikuti dengan lancar. Awalnya cukup deg-degan juga sih, karena bentuk soal yang akan dikerjakan masih samar-samar. Namun berbekal referensi soal yang deproleh dari internet cukup membuat hati sedekit nyaman.

Saat sukses membuka soal online rasa deg-degan itu hilang. Ternyata soal yang disediakan tidak sesulit soal-soal yang pernah dipelajari terutama yang terkait soal bidang profesional. Saya khawatir jika soal yang ada banyak materi SMA, maklum sudah lama tidak membuka-buka materi SMA. Namun untuk soal bidang pedagogik cukup membuat berpikir keras karena soal banyak yang berupa implemenasi model pembelajaran dan teori belajar. Oh ya, untuk  UKG matemaika SMP jumlah soal 80 soal dengan rincian 23 soal pedagogik dan 57 soal profesional.

Setelah lebih dari satu setengah jam lebih akhirnya selesai sudah saya menunaikan tugas negara. Saya beranikan mengklik tulisan selesai meski waktu masih tersisa. Dan klik !, muncul hasil pekerjaan saya:
Pedagogik               : Benar 19 soal dari 23 soal
Profesional               : Benar 51 soal dari 57 soal.
Lega rasanya karena saya menjawab benar 70 soal dari 80 soal, artinya saya mendapa nilai 87,5. Hm... Lumayan.

Nah, untuk pengunjung yang guru matematika SMP dan  belum melaksanakan UKG saya akan berbagi materi soal yang telah penulis  kerjakan saat  UKG. Berdasarkan keras corat-coret yang saya gunakan saya mencoba mengingat soal-soal tersebut. Semoga bermanfaat sebagai bahan referensi. Syukur ada yang sama persis. He...he.... maunya.

MATERI SOAL UKG MATEMATIKA SMP
Rabu, 10 Okober 2012 di SMKN Kalibagor Banyumas

  1. Sebuah kerucut diameternya 10 cm dan tingginya 12 cm. Menentukan luas selimut kerucut . (masih dalam bentuk π )
  2. Sebuah limas alasnya persegi panjang dengan ukuran 16 cm dan 12 cm. Jika tingginya 24 cm, menentukan jumlah panjang rusuk.
  3. Menentukan panjang salah satu sisi segitiga siku-siku jika dua sisi diketahui dalam bentuk angka desimal. Dalam hal ini 0,5 cm dan 1,2 cm
  4. Menentukan tinggi tangga yang bersandar pada tembok.
  5. Menentukan harga tanah yeng berbentuk gabungan dua segitiga siku-siku jika ukuran sisi tanah diketahui juga harga tanah per meter persegi.
  6. Sebuah foto ditempelkan pada karton  berukuran 20 cm X 30 cm. Jika foto dan karton sebangun serta terdapat sisa lebar karton 5 cm pada sisi kanan,kiri dan atas foto. Menentukan lebar karton bagian bawah foto.
  7. Suatu pekerjaan  akan selesai 6 hari jika dikerjakan 8 orang . Menentukan tambahan pekerja jika akan diselesaikan dalam waktu 4 hari.
  8. Ada soal tentang perbandingan senilai.
  9. Jarak titik pusat dua lingkaran adalah 13 cm, sedang diameter kedua lingkaran masing-masing 6 cm dan 16 cm. Menenukan panjang garis singgung persekutuan luar.
  10. Seorang anak tiap hari menabung Rp5000. Jika uang tabungan hari ini Rp125.000 ,menenukan besar tabungan 13 hari mendatang.
  11. Sebuah roda dengan diameter 28 cm berpuar 200 kali. Menentukan panjang lintasan roda.
  12. Siapakah matematikawan yang terkenal dengan bapak geometri elementer ?
  13. Diketahui trapesium sama kaki dengan sisi-sisi sejajar 10 cm dan 20 cm dan jarak kedua sisi tersebut 12 cm, luasnya juga diketahui. menentukan keliling trapesium!.
  14. Untuk menemukan rumus luas lingkaran melalui bangun trapesium sama kaki dan jajar genjang, maka lingkaran harus dibagi menjadi berapa bagian?
  15. Menentukan waktu pada menit ke berapa bakteri yang membelah diri tiap menit jika diketahu pada meni kedua terdapat 20 bakteri dan meni ke-4 ada 40 bakeri. (soal semacam ini muncul dua kali dengan angka yang berbeda)
  16. Menentukan persamaan keliling dalam benuk y, jika dikeahui panjangnya 4x cm dan lebar 15 cm.
  17. Menentukan luas juring dengan sudut pusat 72 dan jari-jari 10 cm.
  18. Menentukan banyaknya anggota ruang  sampel pada pelemparan lima uang logam.
  19. Menentukan luas bandul yang terdiri dari setengah bola dan kerucut jika dikeahui diameter 12 cm dan tinggi kerucut 8 cm.
  20. Menentukan urutan materi yang tepat tentang barisan aritmetika,barisan geometri, deret aritmetika dan deret geometri.
  21. Menentukan langkah-langkah kegiatan pengayaan.
  22. Pembelajaran CTL menganut azas pembelajaran apa ?. (opsinya tentang konstrukstivisme)
  23. Apakah yang dimaksud pembelajaran open ended ? ( soal tentang ini muncul dua kali dengan bentuk yang berbeda)
  24. Menara hanoi tepat diguanakan pada pembelajaran materi matematika tentang apa?
  25. Pemanfaatan teori kekontrasan Bruner dalam pembelajaran matematika.
  26. Menentukan contoh penyusunan soal barisan geometri yang mengacu soal pemecahan masalah.  
  27. Menentukan program komputer yang digunakan untuk mencari mean,median, standar deviasi pada data tunggal .
  28. Menentukan rumus  median pada data tunggal dengan menggunakan MS Exel.
  29. Jika seorang guru meminta siswa mengumpulkan tugas melalui email dan setelah tugas masuk guru ingin memberi umpan balik segera, bagaimana langkahnya ?
  30. Agar materi  atau tugas-tugas guru dapat didownload  oleh siswa dan siswa dapat berinteraksi dengan guru maka seorang guru hendaknya melakukan apa ?
  31. Untuk mencetak dokumen pada email yang berupa dokumen pdf , apa yang harus dilakukan oleh seorang guru?
  32. Menentukan penyelesaian dari  2(3x + ¼) < 5(2x – ¼)
  33. Menentukan nilai p jika diketahui (px-5)(3x+q)=ax2-13x-5
  34. Menentukan salah satu faktor dari 6x2 – x – 1
  35.  Menentukan nilai x jika diketahu 3x = 1/3 √27
  36. Menentukan hasil 5√5 - √125 + √45
  37. Menentukan hasil 7√225 - 92
  38. Menentukan soal kontekstual terkait materi pythagoras.
  39. Menentukan gradien garis yang tegak lurus dengan garis 6x+10y-7 =0
  40.  Menentukan irisan dua himpunan
  41. Mentukan banyaknya himpunan bagian yang mungkin terjadi dari himpunan faktor dari 15.
  42. Mentukan dua himpunan yang ekuivalen jika disajikan empat himpunan.
  43. Menentukan jarak satelit dan bumi jika diketahui jari-jari bumi 6.400km satelit melintas dengan kecepatan 2.640km/jam dalam waktu 20 jam.
  44. Menentukan tujuan  seorang guru melakukan PTK.
  45. Menentukan rumusan masalah pada PTK tentang penggunaan alat peraga untuk meningkatkan gairah belajar siswa.
  46. Menentukan nilai seseorang yang jika mengerjakan 54 soal dengan benar, 12 salah dan lainnya tidak dikerjakan dari 80 soal jika ditentukan skor 2 untuk tiap soal benar dan -1 untuk soal salah, sedang tidak menjawab 0.
  47. Menentukan besar sudut yang terletak diantara   dua  garis sejajar jika diketahui dua sudut lainnya.
  48. Menentukan penyelesaian SPLDV pembelian dua barang yang berbeda dalam hal ini buku dan pensil.
  49. Menentukan jenis materi SPLDV yang dapat diperoleh dari internet.
  50.  Ada soal tentang harga beli, tetapi soal tidak operasional.
  51. Menentukan tinggi  rata-rata x dari lima orang jika ditambah satu orang dengan tinggi 140 cm  sehingga jumah tinggi ke 6 orang menjadi 965 cm.
  52. Menentukan peluang pada pengambilan dua kelereng secera bergantian dengan pengembalian terambilnya kelereng putih pada pengambilan pertama atau kelereng merah pada pengambilan kedua jika teradapat 30 kelereng terdiri 15 warna putih, 10 warna merah dan sisanya warna biru.
  53. Menentukan bagiaman guru dalam menyusun insrumen penilaian sehinga siswa menajadi kreatif.
  54.  Disajikan beberapa gambar peresgi panjang dengan panjang  yang sama leber berbeda 2/3 kali semula. Menentukan deret geometri yang sesuai gambar.
  55. Menentukan luas tanah jika diketahui bagian-bagian yang sudah digunakan dalam bentuk persen, desimal dan pecahan biasa.
  56. Materi tentang penerpan teori belajar yang singkatan ZPD singkatannya kalau tidak salah Zona Proximus D-nya bla..bla... dalam pembelajaran matematika

Mohon maaf karena keterbatasan ingatan penulis   tidak semua soal dapat terekam.(maklum sudah tuwir). Dan juga ada beberapa gambar yang tidak dapat disajikan di sini, karena alasan teknis.

 Dari 80 soal terdapat beberapa soal yang setipe. Dan materi yang ditulis di atas tidak urut, tetapi berdasarkan hasil rekontruksi penulis melihat kertas corat-coret yang digunakan. Namun demikian penulis berharap materi di atas cukup untuk menjadi referensi dalam menghadapi UKG, sehingga tidak terlalu meraba-raba.

Perlu diketahui ada sekitar 3-5 soal yang menurut penulis tidak valid karena kurang operasional, tidak ada jawaban, soal kurang lengkap. Meski demikian oleh petugas diminta tetap dijawab. (Kalau saya biasanya saya jadikan bonus untuk siswa). 

Nah selamat menempuh UKG. SEMOGA SUKSES!!!.

1 comment:

Tinggalkan komentar di sini. Apabila komentar membutuhkan suatu jawaban, maka saya akan segera menjawabnya. Terima kasih.