![]() |
Sumber gambar m.detik.com |
Lega,
itu ungkapan yang paling tepat setelah mengikuti UKG tahap II. UKG yang sempat
menjadi trending topic di dunia maya
karena cukup kontroverisal itu akhirnya dapat saya ikuti dengan lancar. Awalnya
cukup deg-degan juga sih, karena bentuk soal yang akan dikerjakan masih
samar-samar. Namun berbekal referensi soal yang deproleh dari internet cukup
membuat hati sedekit nyaman.
Saat
sukses membuka soal online rasa deg-degan itu hilang. Ternyata soal yang
disediakan tidak sesulit soal-soal yang pernah dipelajari terutama yang terkait
soal bidang profesional. Saya khawatir jika soal yang ada banyak materi SMA,
maklum sudah lama tidak membuka-buka materi SMA. Namun untuk soal bidang
pedagogik cukup membuat berpikir keras karena soal banyak yang berupa
implemenasi model pembelajaran dan teori belajar. Oh ya, untuk UKG matemaika SMP jumlah soal 80 soal dengan
rincian 23 soal pedagogik dan 57 soal profesional.
Setelah
lebih dari satu setengah jam lebih akhirnya selesai sudah saya menunaikan tugas
negara. Saya beranikan mengklik tulisan selesai meski waktu masih tersisa. Dan
klik !, muncul hasil pekerjaan saya:
Pedagogik : Benar 19 soal dari 23 soal
Profesional : Benar 51 soal dari 57 soal.
Lega
rasanya karena saya menjawab benar 70 soal dari 80 soal, artinya saya mendapa
nilai 87,5. Hm... Lumayan.
Nah,
untuk pengunjung yang guru matematika SMP dan belum melaksanakan UKG saya akan berbagi materi soal yang
telah penulis kerjakan saat UKG. Berdasarkan keras corat-coret yang saya
gunakan saya mencoba mengingat soal-soal tersebut. Semoga bermanfaat sebagai
bahan referensi. Syukur ada yang sama persis. He...he.... maunya.
MATERI
SOAL UKG MATEMATIKA SMP
Rabu,
10 Okober 2012 di SMKN Kalibagor Banyumas
- Sebuah
kerucut diameternya 10 cm dan tingginya 12 cm. Menentukan luas selimut
kerucut . (masih dalam bentuk π
)
- Sebuah
limas alasnya persegi panjang dengan ukuran 16 cm dan 12 cm. Jika
tingginya 24 cm, menentukan jumlah panjang rusuk.
- Menentukan
panjang salah satu sisi segitiga siku-siku jika dua sisi diketahui dalam
bentuk angka desimal. Dalam hal ini 0,5 cm dan 1,2 cm
- Menentukan
tinggi tangga yang bersandar pada tembok.
- Menentukan
harga tanah yeng berbentuk gabungan dua segitiga siku-siku jika ukuran
sisi tanah diketahui juga harga tanah per meter persegi.
- Sebuah
foto ditempelkan pada karton berukuran 20 cm X 30 cm. Jika foto dan
karton sebangun serta terdapat sisa lebar karton 5 cm pada sisi kanan,kiri
dan atas foto. Menentukan lebar karton bagian bawah foto.
- Suatu
pekerjaan akan selesai 6 hari jika
dikerjakan 8 orang . Menentukan tambahan pekerja jika akan diselesaikan
dalam waktu 4 hari.
- Ada
soal tentang perbandingan senilai.
- Jarak
titik pusat dua lingkaran adalah 13 cm, sedang diameter kedua lingkaran masing-masing
6 cm dan 16 cm. Menenukan panjang garis singgung persekutuan luar.
- Seorang
anak tiap hari menabung Rp5000. Jika uang tabungan hari ini Rp125.000 ,menenukan
besar tabungan 13 hari mendatang.
- Sebuah
roda dengan diameter 28 cm berpuar 200 kali. Menentukan panjang lintasan
roda.
- Siapakah
matematikawan yang terkenal dengan bapak geometri elementer ?
- Diketahui
trapesium sama kaki dengan sisi-sisi sejajar 10 cm dan 20 cm dan jarak
kedua sisi tersebut 12 cm, luasnya juga diketahui. menentukan keliling
trapesium!.
- Untuk
menemukan rumus luas lingkaran melalui bangun trapesium sama kaki dan
jajar genjang, maka lingkaran harus dibagi menjadi berapa bagian?
- Menentukan
waktu pada menit ke berapa bakteri yang membelah diri tiap menit jika
diketahu pada meni kedua terdapat 20 bakteri dan meni ke-4 ada 40 bakeri.
(soal semacam ini muncul dua kali dengan angka yang berbeda)
- Menentukan
persamaan keliling dalam benuk y, jika dikeahui panjangnya 4x cm dan lebar
15 cm.
- Menentukan
luas juring dengan sudut pusat 72⁰ dan jari-jari 10 cm.
- Menentukan
banyaknya anggota ruang sampel pada pelemparan lima uang logam.
- Menentukan
luas bandul yang terdiri dari setengah bola dan kerucut jika dikeahui
diameter 12 cm dan tinggi kerucut 8 cm.
- Menentukan
urutan materi yang tepat tentang barisan aritmetika,barisan geometri,
deret aritmetika dan deret geometri.
- Menentukan
langkah-langkah kegiatan pengayaan.
- Pembelajaran
CTL menganut azas pembelajaran apa ?. (opsinya tentang konstrukstivisme)
- Apakah
yang dimaksud pembelajaran open ended ? ( soal tentang ini muncul dua kali
dengan bentuk yang berbeda)
- Menara
hanoi tepat diguanakan pada pembelajaran materi matematika tentang apa?
- Pemanfaatan
teori kekontrasan Bruner dalam pembelajaran matematika.
- Menentukan
contoh penyusunan soal barisan geometri yang mengacu soal pemecahan
masalah.
- Menentukan
program komputer yang digunakan untuk mencari mean,median, standar deviasi
pada data tunggal .
- Menentukan
rumus median pada data tunggal
dengan menggunakan MS Exel.
- Jika
seorang guru meminta siswa mengumpulkan tugas melalui email dan setelah
tugas masuk guru ingin memberi umpan balik segera, bagaimana langkahnya ?
- Agar
materi atau tugas-tugas guru dapat
didownload oleh siswa dan siswa
dapat berinteraksi dengan guru maka seorang guru hendaknya melakukan apa ?
- Untuk
mencetak dokumen pada email yang berupa dokumen pdf , apa yang harus dilakukan
oleh seorang guru?
- Menentukan
penyelesaian dari 2(3x + ¼) <
5(2x – ¼)
- Menentukan
nilai p jika diketahui (px-5)(3x+q)=ax2-13x-5
- Menentukan
salah satu faktor dari 6x2 – x – 1
- Menentukan nilai x jika diketahu 3x
= 1/3 √27
- Menentukan
hasil 5√5 - √125 + √45
- Menentukan
hasil 7√225 - 92
- Menentukan
soal kontekstual terkait materi pythagoras.
- Menentukan
gradien garis yang tegak lurus dengan garis 6x+10y-7 =0
- Menentukan irisan dua himpunan
- Mentukan
banyaknya himpunan bagian yang mungkin terjadi dari himpunan faktor dari
15.
- Mentukan
dua himpunan yang ekuivalen jika disajikan empat himpunan.
- Menentukan
jarak satelit dan bumi jika diketahui jari-jari bumi 6.400km satelit melintas
dengan kecepatan 2.640km/jam dalam waktu 20 jam.
- Menentukan
tujuan seorang guru melakukan PTK.
- Menentukan
rumusan masalah pada PTK tentang penggunaan alat peraga untuk meningkatkan
gairah belajar siswa.
- Menentukan
nilai seseorang yang jika mengerjakan 54 soal dengan benar, 12 salah dan
lainnya tidak dikerjakan dari 80 soal jika ditentukan skor 2 untuk tiap
soal benar dan -1 untuk soal salah, sedang tidak menjawab 0.
- Menentukan
besar sudut yang terletak diantara dua
garis sejajar jika diketahui dua sudut lainnya.
- Menentukan
penyelesaian SPLDV pembelian dua barang yang berbeda dalam hal ini buku
dan pensil.
- Menentukan
jenis materi SPLDV yang dapat diperoleh dari internet.
- Ada soal tentang harga beli, tetapi soal
tidak operasional.
- Menentukan
tinggi rata-rata x dari lima orang
jika ditambah satu orang dengan tinggi 140 cm sehingga jumah tinggi ke 6 orang menjadi
965 cm.
- Menentukan
peluang pada pengambilan dua kelereng secera bergantian dengan
pengembalian terambilnya kelereng putih pada pengambilan pertama atau
kelereng merah pada pengambilan kedua jika teradapat 30 kelereng terdiri
15 warna putih, 10 warna merah dan sisanya warna biru.
- Menentukan
bagiaman guru dalam menyusun insrumen penilaian sehinga siswa menajadi
kreatif.
- Disajikan beberapa gambar peresgi panjang
dengan panjang yang sama leber
berbeda 2/3 kali semula. Menentukan deret geometri yang sesuai gambar.
- Menentukan
luas tanah jika diketahui bagian-bagian yang sudah digunakan dalam bentuk persen,
desimal dan pecahan biasa.
- Materi tentang penerpan teori belajar yang singkatan ZPD singkatannya kalau tidak salah Zona Proximus D-nya bla..bla... dalam pembelajaran matematika
Mohon
maaf karena keterbatasan ingatan penulis tidak semua soal dapat
terekam.(maklum sudah tuwir). Dan juga ada beberapa gambar yang tidak dapat disajikan di sini, karena alasan teknis.
Dari 80 soal terdapat beberapa soal yang setipe. Dan materi yang ditulis
di atas tidak urut, tetapi berdasarkan hasil rekontruksi penulis melihat
kertas corat-coret yang digunakan. Namun demikian penulis berharap materi di atas cukup untuk
menjadi referensi dalam menghadapi UKG, sehingga tidak terlalu meraba-raba.
Perlu
diketahui ada sekitar 3-5 soal yang menurut penulis tidak valid karena kurang
operasional, tidak ada jawaban, soal kurang lengkap. Meski demikian oleh petugas diminta tetap dijawab. (Kalau saya biasanya saya jadikan bonus untuk siswa).
Nah
selamat menempuh UKG. SEMOGA SUKSES!!!.
makasih ya,pembahasannya mana?
ReplyDelete