Gadget

This content isn't available over encrypted connections yet.

Saturday, 5 November 2011

PREDIKSI SKL UN MAPEL MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2011 /2012


       Pada tanggal 2 November 2011 lalu MGMP Matematika SMP Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Seminar Prediksi SKL UN Mata Pelajaran Matematika SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan narasumber Bapak Mohammad Ridho, tim editor naskah UN. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan penerbit Erlangga.
                  Peserta kegiatan tersebu tidak hanya dari wilayah Banyumas saja tetapi juga dari Purbalingga dan Cilacap. Begitu antusiasnya para guru untuk mengikuti kegiatan tersebut, panitia harus menyediakan kursi tambahan. Antusiasme para guru untuk mengikuti kegiatan tersebut adalah wajar adanya. Para guru ingin mendapatkan informasi lebih dini terkait SKL UN yang akan datang. Dengan informasi lebih dini diharapakan guru dapat mempersiapakan putra-putrinya dalam pelaksanaan UN mendatang lebih matang sehinggadiharapkan  memperoleh nilai yang memuaskan. 
              Bagi rekan guru yang tidak bisa mengikuti kegiatan tesebut penulis akan menyajikan hasil rangkumannya. Selanjutnya penulis berharap rangkuman ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semua.Inilah hasil rangkuman kegiatan tersebut :







PREDIKSI SKL UN MAPEL MATEMATIKA
TAHUN PELAJARAN 2011 /2012
SKL  1   BILANGAN
Indikator
1.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat
a.       Konsep operasi campuran
b.      Aplikasi
2.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan pecahan
a.       Konsep operasi campuran
b.      Aplikasi
3.       Mengurutkan bilangan pecahan
4.       Bilangan berpangkat dan bentuk akar
a.       Merubah bentuk akar ke pangkat, pecahan ke bentuk akar dan sebaliknya
b.      Hasil pangkat bilangan negatif / pecahan
c.       Hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bentuk akar
d.      Hasil kali dan bagi bilangan bentuk akar
e.      Merasionalkan pecahan dengan penyebut bentuk akar
5.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala dan perbandingan
a.       Skala
b.      Perbandingan senilai
c.       Perbandingan berbalik nilai
d.      Aplikasi yang berkaitan dengan perbandingan
6.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jual beli
a.       Presentase untung / rugi
b.      Harga penjualan
c.       Harga pembelian
7.       Menyelesaikan masalah berkaitan dengan perbankan dan koperasi
a.       Angsuran per bulan
b.      Wauktu / lama menabung
c.       Bunga per tahun
d.      Besar tabungan awal
8.       Menentukan suku ke-n suatu barisan
a.       Menentukan suku ke-n jika rumus Un diketahui
b.      Menentukan rumus Un misal diket U5= 10 dan U8= 22
9.       Barisan bilangan aritmatika dan geometri
a.       Menentukan Un dari suatu barisan aritmatika dan geometri
b.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan aritmatika
c.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan geometri
10.   Menyelesaikan masalah masalah yang  berkaitan dengan deret
a.       Jumlah n suku pertama deret arimatika atau geometri
b.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmatika
c.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret geometri

SKL  2   ALJABAR
Indikator :
1.       Mengalikan bentuk aljabar
a.       Suku satu dengan suku atu
b.      Suku dua dengan suku dua
2.       Menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian kuadrat bentuk aljabar
a.       Menyederhanakan satu suku
b.      Kuadrat suku dua
3.       Menyederhanakan bentuk pecahan aljabar dengan memfaktorkan dan pemfaktoran
a.       Memfaktorkan
b.      Menyederhanakan pecahan dengan pemfaktoran
4.       Menyelesaikan persamaan linear satu variabel (PLSV)
a.       Menyelesikan persamaan linear satu variabel
b.      Aplikasi
5.       Menyelesaikan Pertidakasamaan Linear Satu Variabel
a.       Penyelesaian PtLSV
b.      Penyelesaian PtLSV bentuk pecahan
c.       Himpunan PtLSV
6.       Operasi dua Himpunan
Irisan, gabungan, komplemen atau pengurangan dua himpunan
7.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
Aplikasi
8.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
a.       Domain, kodomain, range
b.      Konsep relasi / fungsi
c.       Nilai fungsi
9.       Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
a.       Gradien
b.      Persamaan garis
c.       Grafik
10.   Menentukan penyelesaian SPLDV
a.       Konsep
b.      Aplikasi

SKL   3.  GEOMETRI
    Indikator
1.       Menentukan jenis-jenis segitiga
a.       Menentukan sudutnya
b.      Menentukan sisinya
2.       Menentukan garis-garis istimewa pada segitiga
Garis berat, garis tinggi, garis bagi, garis sumbu
3.       Menyelesaikan soal menggunakan Pythagoras
Penyelesaian soal-soal menggunakan pythagoras
4.       Menghitung luas gabungan dua bangun datar
a.       Luas gabungan dua bangun datar
b.      Masalah yang menggunakan /berkaitan dengan gabungandua bangun datar
5.       Keliling dan menggunakan konsep keliling bangun datar dalam dalam kehidupan sehari-hari
a.       Keliling gambar gabungan dua bangun datar
b.      Masalah yang menggunakan, berkaitan dengan keliling bangun datar (aplikasi)
6.       Menghitung besar sudut yang melibatkan sudut dalam dan sudut luar segitiga
a.       Konsep
b.      Dengan persamaan
7.       Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar yang berpotongan dengan garis lain
a.       Sudut-sudut pada dua garis sejajar
b.      Sudut yang bersesuian, bertolak belakang, sehadap dan berseberangan , luar berseberangan, sepihak dan luar sepihak
8.       Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling lingkaran
9.       Menghitung sudut yang salin g berpelurus atau berpenyiku
Dua sudut yang saling berpelurus atau penyiku
10.   Garissinggung lingkaran
a.       Garissinggung dan sebuah titik pada lingkaran
b.      Garissinggung persekutuan dalam
c.       Garissinggung persekutuan luar
11.   Panjang busur / luas juring
a.       Diketahui sudut pusat,  r atau d
b.      Diketahui  2 sudut pusat , besar sudut, dan panjang salah satu busur/luas juring
12.   Menyelesaikan masalah kesebangunan dua trapesium sebangun
a.       Panjang ruas garis pada dua trapesium sebangun
b.      Menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan garis pada trapesium
13.   Menyelesaikan soal dengan konsep kesebangunan dan trapesium
a.       Panjang ruas garis pada dua trapesium sebangun
b.      Menyelesaiakan soal-soal berkaitan dengan  garis pada trapesium
14.   Soal kongruensi
  a.     Identifikasi kongruen ( panjang, sisi yang bersesuaian, sudut yang sama)
b.     syarat kongruensi
15.  Unsur-unsur pada sisi datar dan sisi lengkung (tabung dan kerucut)
16.   Jaring-jaring bangun datar
17.  Model kerangka bangun ruang
a.  panjang kawat
b. sisa kawat
c.  model yang dapat dibuat
18.   Volume bangun ruang
          a. rumus
          b. luas kulit bola
19     Menghitung luas permukaan bangun ruang

SKL   4   STATISTIKA
        Indikator :
1.       Ukuran pemusatan
a.       Mean, median, modus data
b.      Mean, median, modus tabel
c.       Menafsirkan data
d.      Aplikasi, rata-rata ( jika siswa masuk/keluar)
2.       Menyajikan dan menafsirkan data
a     Diagram lingkaran, garis dan batang


SKL   5   PELUANG
Indikator :
1.       Ruang sampel, titik sampel
Titik sampel dan ruang sampel suatu percobaan
2.       Masalah peluang suatu kejadian
a.       Peluang suatu kejadian
b.      Aplikasi  

 ( Dirangkum dari kegiatan Seminar Prediksi SKL UN Mata Pelajaran Matematika SMP 2011/2012 dengan nara sumber Bapak Muhammad Ridho )     

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar di sini. Apabila komentar membutuhkan suatu jawaban, maka saya akan segera menjawabnya. Terima kasih.