Wednesday 28 December 2011

POS UN 2012, KISI-KISI UN 2012, JADWAL UN 2012

Setelah ditunggu-tunggu akhirnya POS UN 2012 dan Jadwal UN 2012 sudah dikeluarkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) beberapa waktu lalu. Sepertinya Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional 2012 (POS UN 2012) tidak jauh berbeda dengan POS UN 2011. Namun untuk kisi-kisi ada perubahan yaitu jika pada UN 2011 materi ujian  merupakan irisan kurikulum 1994 dan 2004 dan standar isi namun pada UN 2012  berdasarakan SK dan KD dalam Standar Isi.

Sementara itu, untuk mengedukasi semua pihak yang berkepentingan dengan Ujian Nasional, Kemendikbud dan BNSP telah bekerja sama menerbitkan Buku Tanya Jawab tentang Ujian Nasional dan Materi Presentasi Sosialisasi Ujian Nasional 2012.

Selanjutnya  rekan guru dapat mengunduh hal-hal terkait UN 2012 pada tautan di bawah ini :

PERMENDIKBUD Nomor 59 Tahun 2011, Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional, Kisi-Kisi Ujian Nasional, Buku Tanya Jawab tentang Ujian Nasional dan Materi Presentasi Sosialisasi Ujian Nasional 2012.

Dengan telah diterbitkannya PERMEN dan POS UN 2012 beserta pernak perniknya maka para guru tidak ada pilihan untuk tancut tali wondo  ( Menyingsingkan lengan baju untuk bekerja keras ) menyiapkan anak didiknya mengahadapi UN 2012 yang sudah di depan mata. Semoga pelaksnaan UN berjalan dengan sukses diiringi peningkatan prestasi dengan kejujuran sebagai panglimanya. Amin. 
Selamat berjuang guru Indonesia. Merdeka !!!.

TEKNIK PENULISAN BAB IV LAPORAN PTK


Bab IV merupakan bab yang muncul pada penulisan laporan PTK. Boleh dikatakan bab ini inti dari laporan PTK.Mengapa ?. Karena pada bab ini diuraikan hasil penelitian yang telah dilakukan.Di sini peneliti diharapkan memberi gambaran utuh tentang pelaksanaan PTK . Bagi pengunjung yang ingin belum membaca  teknik penulisan PTK bab III, silakan klik di sini
Adapun kerangka penulisan pada bab IV adalah sebagai berikut :
  1. Deskripsi Kondisi Awal
  2. Deskripsi Hasil Siklus I
1.   Perencanaan Tindakan
2.   Pelaksanaan Tindakan
3.   Hasil Pengamatan
4.   Refleksi
  1. Deskripsi Hasil Siklus II
1.   Perencanaan Tindakan
2.   Pelaksanaan Tindakan
3.   Hasil Pengamatan
4.   Refleksi

  1. Pembahasan
  2. Hasil Tindakan

Saturday 10 December 2011

NASI BUNGKUS DI HARI ULANG TAHUN ADIN


Indahnya Berbagi
Siang itu Adin duduk di teras rumah menunggu kepulangan papanya. Tadi pagi saat mengantar Adin ke sekolah Papa berjanji mengajak Adin pergi ke restoran untuk memesan tempat dan makanan guna merayakan ulang tahunnya. Ya, seminggu lagi Adin akan merayakan ulang tahun yang ke sepuluh. Ulang tahun kali ini adalah saat yang paling ditunggu-tunggu Adin. Setahun yang lalu Papa berjanji akan merayakan ulang tahunnya  di restoran terkenal. Sebelumnya ulang tahun Adin selalu dirayakan di rumah secara sederhana dengan mengundang teman-temannya.Dengan sedikit rengekan dan berjanji untuk rajin belajar dan tidak nakal , Adin mampu meluluhkan hati Papa untuk mengadakan pesta ulang tahun  di restoran favoritnya.
            Adin cepat-cepat berlari menuju pintu pagar dan segera membukanya sesaat stetlah mendengar deruman suara mobil, meskipun mobil papanya belum terlihat, telinganya sudah hafal benar  suara mobil Papanya meskipun masih berjarak  cukup jauh  dari rumahnya. Dan benar juga  selang beberapa waktu kemudian mobil Papanya segera meluncur masuk ke halaman  rumah.Adin sangat gembira sambil melonjak-lonjak dan bertepuk tangan, ia menyambut kedatangannya Papanya. Dari dalam mobil Papa hanya menggeleng-gelengkan kepala sambil tersenyum, melihat tingkah putrinya.
“Jadi Pa , Jadi Pa !” tanya Adin setengah berteriak dengan menarik-narik tangan Papanya sesaat setelah keluar dari mobil. “Yah, jadi “ jawab  Papa singkat, yang tampaknya paham akan maksud pertanyaan Adin.   “ Horeee... , jadi !”, teriak Adin dengan melonjak setinggi-tingginya.