Pada tanggal 2 November 2011 lalu MGMP Matematika SMP Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Seminar Prediksi SKL UN Mata Pelajaran Matematika SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan narasumber Bapak Mohammad Ridho, tim editor naskah UN. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan penerbit Erlangga.
Peserta kegiatan tersebu tidak hanya dari wilayah Banyumas saja tetapi juga dari Purbalingga dan Cilacap. Begitu antusiasnya para guru untuk mengikuti kegiatan tersebut, panitia harus menyediakan kursi tambahan. Antusiasme para guru untuk mengikuti kegiatan tersebut adalah wajar adanya. Para guru ingin mendapatkan informasi lebih dini terkait SKL UN yang akan datang. Dengan informasi lebih dini diharapakan guru dapat mempersiapakan putra-putrinya dalam pelaksanaan UN mendatang lebih matang sehinggadiharapkan memperoleh nilai yang memuaskan.
Bagi rekan guru yang tidak bisa mengikuti kegiatan tesebut penulis akan menyajikan hasil rangkumannya. Selanjutnya penulis berharap rangkuman ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semua.Inilah hasil rangkuman kegiatan tersebut :
PREDIKSI SKL UN MAPEL
MATEMATIKA
TAHUN PELAJARAN 2011
/2012
SKL 1 BILANGAN
Indikator
1. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian pada bilangan bulat
a. Konsep
operasi campuran
b. Aplikasi
2. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian pada bilangan pecahan
a. Konsep
operasi campuran
b. Aplikasi
3. Mengurutkan
bilangan pecahan
4. Bilangan
berpangkat dan bentuk akar
a. Merubah
bentuk akar ke pangkat, pecahan ke bentuk akar dan sebaliknya
b. Hasil
pangkat bilangan negatif / pecahan
c. Hasil
penjumlahan dan pengurangan bilangan bentuk akar
d. Hasil
kali dan bagi bilangan bentuk akar
e. Merasionalkan
pecahan dengan penyebut bentuk akar
5. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan skala dan perbandingan
a. Skala
b. Perbandingan
senilai
c. Perbandingan
berbalik nilai
d. Aplikasi
yang berkaitan dengan perbandingan
6. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan jual beli
a. Presentase
untung / rugi
b. Harga
penjualan
c. Harga
pembelian
7. Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan perbankan dan koperasi
a. Angsuran
per bulan
b. Wauktu
/ lama menabung
c. Bunga
per tahun
d. Besar
tabungan awal
8. Menentukan
suku ke-n suatu barisan
a. Menentukan
suku ke-n jika rumus Un diketahui
b. Menentukan
rumus Un misal diket U5= 10 dan U8= 22
9. Barisan
bilangan aritmatika dan geometri
a. Menentukan
Un dari suatu barisan aritmatika dan geometri
b. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan aritmatika
c. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan geometri
10. Menyelesaikan
masalah masalah yang berkaitan dengan
deret
a. Jumlah
n suku pertama deret arimatika atau geometri
b. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan deret aritmatika
c. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan deret geometri
SKL 2 ALJABAR
Indikator :
1. Mengalikan
bentuk aljabar
a. Suku
satu dengan suku atu
b. Suku
dua dengan suku dua
2. Menghitung
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian kuadrat bentuk aljabar
a. Menyederhanakan
satu suku
b. Kuadrat
suku dua
3. Menyederhanakan
bentuk pecahan aljabar dengan memfaktorkan dan pemfaktoran
a. Memfaktorkan
b. Menyederhanakan
pecahan dengan pemfaktoran
4. Menyelesaikan
persamaan linear satu variabel (PLSV)
a. Menyelesikan
persamaan linear satu variabel
b. Aplikasi
5. Menyelesaikan
Pertidakasamaan Linear Satu Variabel
a. Penyelesaian
PtLSV
b. Penyelesaian
PtLSV bentuk pecahan
c. Himpunan
PtLSV
6. Operasi
dua Himpunan
Irisan,
gabungan, komplemen atau pengurangan dua himpunan
7. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
Aplikasi
8. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
a. Domain,
kodomain, range
b. Konsep
relasi / fungsi
c. Nilai
fungsi
9. Menentukan
gradien, persamaan garis dan grafiknya
a. Gradien
b. Persamaan
garis
c. Grafik
10. Menentukan
penyelesaian SPLDV
a. Konsep
b. Aplikasi
SKL 3. GEOMETRI
Indikator
1. Menentukan
jenis-jenis segitiga
a. Menentukan
sudutnya
b. Menentukan
sisinya
2. Menentukan
garis-garis istimewa pada segitiga
Garis berat,
garis tinggi, garis bagi, garis sumbu
3. Menyelesaikan
soal menggunakan Pythagoras
Penyelesaian
soal-soal menggunakan pythagoras
4. Menghitung
luas gabungan dua bangun datar
a. Luas
gabungan dua bangun datar
b. Masalah
yang menggunakan /berkaitan dengan gabungandua bangun datar
5. Keliling
dan menggunakan konsep keliling bangun datar dalam dalam kehidupan sehari-hari
a. Keliling
gambar gabungan dua bangun datar
b. Masalah
yang menggunakan, berkaitan dengan keliling bangun datar (aplikasi)
6. Menghitung
besar sudut yang melibatkan sudut dalam dan sudut luar segitiga
a. Konsep
b. Dengan
persamaan
7. Menghitung
besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar
yang berpotongan dengan garis lain
a. Sudut-sudut
pada dua garis sejajar
b. Sudut
yang bersesuian, bertolak belakang, sehadap dan berseberangan , luar
berseberangan, sepihak dan luar sepihak
8. Menghitung
besar sudut pusat dan sudut keliling lingkaran
9. Menghitung
sudut yang salin g berpelurus atau berpenyiku
Dua sudut
yang saling berpelurus atau penyiku
10. Garissinggung
lingkaran
a. Garissinggung
dan sebuah titik pada lingkaran
b. Garissinggung
persekutuan dalam
c. Garissinggung
persekutuan luar
11. Panjang
busur / luas juring
a. Diketahui
sudut pusat, r atau d
b. Diketahui 2 sudut pusat , besar sudut, dan panjang
salah satu busur/luas juring
12. Menyelesaikan
masalah kesebangunan dua trapesium sebangun
a. Panjang
ruas garis pada dua trapesium sebangun
b. Menyelesaikan
soal-soal berkaitan dengan garis pada trapesium
13. Menyelesaikan
soal dengan konsep kesebangunan dan trapesium
a. Panjang
ruas garis pada dua trapesium sebangun
b. Menyelesaiakan
soal-soal berkaitan dengan garis pada
trapesium
14. Soal
kongruensi
a. Identifikasi kongruen ( panjang, sisi yang
bersesuaian, sudut yang sama)
b. syarat kongruensi
15. Unsur-unsur pada sisi datar dan sisi lengkung
(tabung dan kerucut)
16. Jaring-jaring bangun datar
17. Model kerangka bangun ruang
a. panjang kawat
b. sisa
kawat
c. model yang dapat dibuat
18. Volume bangun ruang
a. rumus
b. luas kulit bola
19 Menghitung luas permukaan bangun ruang
SKL
4 STATISTIKA
Indikator :
1. Ukuran
pemusatan
a.
Mean, median, modus data
b.
Mean, median, modus tabel
c.
Menafsirkan data
d.
Aplikasi, rata-rata ( jika siswa masuk/keluar)
2. Menyajikan
dan menafsirkan data
a Diagram lingkaran, garis dan batang
SKL
5 PELUANG
Indikator :
1. Ruang
sampel, titik sampel
Titik sampel
dan ruang sampel suatu percobaan
2. Masalah
peluang suatu kejadian
a.
Peluang suatu kejadian
b.
Aplikasi
( Dirangkum dari kegiatan Seminar Prediksi SKL UN Mata Pelajaran Matematika SMP 2011/2012 dengan nara sumber Bapak Muhammad Ridho )
No comments:
Post a Comment
Tinggalkan komentar di sini. Apabila komentar membutuhkan suatu jawaban, maka saya akan segera menjawabnya. Terima kasih.